Most Recent

Iran awal pekan ini mengungkapkan tiga skadron perahu terbang yang siap beroperasi. Perahu bernama Bavar-2 itu diklaim mampu terbang tanpa dilacak radar lawan dan bisa bersenjata.

Skadron itu diungkapkan melalui sejumlah foto yang diedarkan Kementrian Pertahanan Iran, Selasa 28 September 2010. Selain bersenjata, Bavar-2 juga bisa dilengkapi dengan kamera sehingga bisa berfungsi melakukan misi pengintaian.

Menurut Kantor Berita Mahasiswa Iran, ISNA, pengungkapkan skadron baru itu bertepatan dengan peringatan Pekan Pertahanan Suci - yaitu masa dimana Iran memperingati perang dengan Irak selama 1980-1988.

Tiga skadron perahu terbang itu khusus untuk Garda Revolusi, yang merupakan satuan elit militer Iran. Menurut Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi, Iran termasuk satu dari sedikit negara yang mampu mendesain dan memproduksi sendiri perahu terbang dalam waktu yang relatif singkat.

Menurut laman Mil-Tech, proyek Bavar-2 pertama kali terungkap pada 2006. Saat itu para blogger membuat lelucon bahwa Iran tengah membangun teknologi rahasia berupa perahu yang bisa terbang namun bentuknya mirip dengan mainan yang bisa diperoleh di toko-toko.

Pada Agustus lalu, Iran mengungkapkan bahwa mereka tengah memproduksi secara massal perahu berkecepatan tinggi dan bisa menembakkan rudal. Perahu terbang itu akan dikerahkan di sepanjang pesisir Iran dan di jalur pelayaran strategis di Selat Hormuz.

Tidak disebutkan, berapa jarak tempuh maksimal Bavar-2 dan seberapa cepat perahu itu bergerak. (hs)

Sumber: Vivanews

Post a Comment

© Tukar Link Disini. 2010 | This wordpress temeplate was designed by Vcars | Converted to Blogger Templates and Blogger Themes for Shoe Shopping | Discount Watch